Tuesday 2 May 2017

Bahaya Narkoba dan Manfaatnya bagi Kesehatan Manusia


Image:Danger of narcotics
Kita tahu narkoba adalah barang yang dilarang oleh sebagian besar pemerintah di seluruh dunia,bahkan ada negara yang menerapkan hukuman mati bagi para pengedar dan produsenya,karena di anggap narkopa adalah barang berbahaya yang bisa merusak tubuh dan juga generasi muda.Tapi apakah anda tahu dibalik bahaya yang di timbulkan narkoba ada beberapa manfaat yang di dapat dari jenis-jenis narkoba tertentu,seperti dalam ulasan saya berikut ini:

Pengguna narkotika dalam bidang kedokteran antara lain

(a) Kokain
Kokain digunakan sebagai penekan rasa sakit dikulit, digunakan untuk anestesi (bius) khususnyauntuk pembedahan mata, hidung dan tenggorokan.

(b) Kodein
Kodein merupakan analgesik lemah. Kekuatannya sekitar 1/12 dari morfin. Oleh karena itu, kodein tidak digunakan sebagai analgesik, tetapi sebagai anti batuk yang kuat.

(c) Morfin
Morfin adalah hasil olahan dari opium atau candu mentah. Morfin mempunyai rasa pahit, berbentuk tepung halus berwarna putih atau cairan berwarna putih. Morfin, terutama digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri yang hebat yang tidak dapat diobati dengan analgetik non narkotika. Apabila rasa nyeri makin hebat maka dosis yang digunakan juga makin tinggi. Semua analgetik narkotika dapat menimbulkan adiksi (ketagihan). Morfin juga digunakan untuk mengurangi rasa tegang pada penderita yang akan dioperasi.

(d) Heroin
Heroin adalah obat bius yang sangat mudah membuat seseorang kecanduan karena efeknya sangat kuat. Obat ini bisa ditemukan dalam bentuk pil, bubuk, dan juga dalam bentuk cairan. Heroin mempunyai kekuatan yang dua kali lebih kuat dari morfin dan sering disalahgunakan orang. Heroin disebut juga putaw.

(e) Methadone
Methadone  saat ini Methadone banyak digunakan orang dalam pengobatan ketergantungan opium. Antagonis opioid (analgetik narkotika) telah dibuat untuk mengobati overdosis opioid dan ketergantungan opioid dan digunakan sebagai analgesia bagi penderita rasa nyeri.

(f) Meperidin
Meperidin (sering juga disebut petidin, demerol, atau dolantin), digunakan sebagai analgesia.Obat ini efektif untuk diare. Daya kerja meperidin lebih pendek dari morfin.

2. Penggunaan Psikotropika Dalam Bidang Kedokteran
Penggunaan obat-obat yang tergolong psikotropika dalam bidang kesehatan antara lain:

(a)Asam Barbiturat
Asam Barbiturat (pentobarbital dan secobarbitol) sering digunakan untuk menghilangkan cemas sebelum operasi (obat penenang)

(b)Amfetamin
Amfetamin (dan turunannya), digunakan untuk mengurangi depresi, kecanduan alkohol, mengobati parkinson kegemukan, keracunan zat tertentu, menambah kewaspadaan, menghilangkan rasa kantuk dan lelah, menambah keyakinan diri dan konsentarsi

3. Penggunaan Zat Adiktif dalam Bidang Kedokteran.
Pengguna zat adiktif dalam bidang kedokteran antara lain

(a) Nikotin
Pada dosis tertentu, nikotin yang terdapat pada rokok dapat digunakan sebagai obat untuk memulihkan ingatan seseorang. Hal ini karena nikotin dapat merangsang sensor penerima rangsangan di otak.

(b) Alkohol
Alkohol dapat membunuh kuman penyakit, sehingga biasanya digunakan untuk membersihkan alat-alat kedokteran pada proses sterilisas.
Demikianlah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari narkobayang mana efek buruknya bagi tubuh manusia jauh lebih besar baik itu dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.Jadi untuk menjaga kondisi tubuh kita agar tetap sehat maka sebaiknya jauhi narkoba.Terimakasih sudah membaca artikel saya dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

No comments: